Showing themes that are Seo, fast loading, light, fresh and professional.

Menyikat gigi anak perlu dilaksanakan  sejak gigi kesatu nya tumbuh. Perawatan semenjak  dini diperlukan supaya  kebersihan gigi anak terjaga dan bisa  tumbuh dengan sehat.

Saat gigi kesatu  anak mulai tumbuh, orang tua perlu menolong  anak guna  menyikat gigi. Bimbinglah anak dari mula  sampai ia dapat  menyikat giginya sendiri dengan baik. Biasanya, anak telah  mulai dapat  menyikat gigi sendiri sekitar umur  6 tahun.


Cara Menyikat Gigi Anak
Cara menyikat gigi anak sedikit bertolak belakang  dengan teknik  menyikat gigi orang dewasa, khususnya saat  gigi anak baru tumbuh. Saat anak kita  baru tumbuh gigi, terapkan sejumlah  tips sebagai berikut  dalam menyikat giginya:

1. Pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut
Pilihlah sikat gigi khusus guna  anak-anak, dengan bulu sikat gigi yang lembut, ujung kepala yang kecil, dan pegangan yang lumayan  panjang guna  digenggam oleh anak. Sikat gigi melulu  boleh dipakai  selama 3 bulan. Setelah itu, ganti dengan sikat gigi yang baru.

Bulu sikat gigi yang lembut dapat menciptakan  anak merasa lebih nyaman. Bulu sikat yang lembut pun  lebih aman daripada bulu sikat yang kaku atau kasar, sebab  tidak mencederai gusi dan tidak menimbulkan kehancuran  gigi dampak  gesekan bulu sikat.

Satu urusan  yang butuh  Anda ingat, tidak boleh  menggunakan satu sikat gigi guna  bersama-sama.

2. Gunakan pasta gigi yang berisi  flouride
Pilih pun  pasta gigi khusus guna  anak-anak. Ada tidak sedikit  pasta gigi dengan rasa buah-buahan yang digemari  oleh anak-anak, laksana  strawberi, jeruk, atau anggur. Namun, jangan melulu  memerhatikan rasanya. Yang terpenting ialah  pasta gigi guna  anak me sti berisi  flouride.

Kandungan fluoride pada pasta gigi menolong  menjaga gigi supaya  tidak berlubang, menghambat pertubuhan bakteri, dan menguatkan gigi. Pasta gigi yang tidak berisi  fluoride melulu  membantu mencuci  gigi, bukan untuk mengayomi  gigi atau menangkal  gigi berlubang.

Kandungan fluoride dalam pasta gigi yang aman guna  anak umur  6-36 bulan ialah  0,1 mg. Sedangkan kandungan fluoride yang aman guna  anak umur  3-6 tahun ialah  0,25 mg. Secara umum, takaran  aman yang dipakai  untuk menangkal  gigi berlubang ialah  0,05 mg/kgBB (kilogram berat badan).

3. Sesuaikan ukuran pasta gigi dengan umur  anak
Anda pun  perlu memerhatikan banyaknya pasta gigi yang digunakan. Saat gigi kesatu  hadir  pada umur  6 bulan - 3 tahun, pakai  pasta gigi tidak banyak  saja, tidak cukup  lebih sebesar biji beras. Saat anak berusia 3-6 tahun, tambahkan jumlah pasta giginya menjadi sebesar kacang polong.

Ajarkan anak guna  meludah sesudah  menyikat gigi sampai-sampai  pasta gigi tidak tertelan. Namun, kita  tidak butuh  khawatir andai  pasta gigi tertelan oleh anak, sekitar  jumlahnya masih dalam batas normal, cocok  perhitungan umur  dan berat badan.

4. Pilih masa-masa  yang tepat guna  menyikat gigi
Sikat gigi disarankan  untuk dilaksanakan  pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Sikatlah gigi anak secara perlahan, sekitar  2-3 menit. Menyikat gigi anak dengan perlahan dapat mencuci  kotoran pada giginya tanpa memunculkan  cedera pada gusi.

Gigi susu kesatu  anak seringkali  muncul pada umur  3-8 bulan. Anda bisa  mulai mencuci  gigi anak memakai  kain kasa atau kain lembut yang dibalutkan ke jari telunjuk. Selanjutnya, seka permukaan gigi anak dengan jari telunjuk tersebut.

Setelah gigi susu depan anak tumbuh sempurna, Anda bisa  mulai mengenalkannya pada sikat gigi. Awalnya, sikatlah gigi melulu  dengan air. Jika anak telah  terbiasa dan nyaman menyikat gigi, Anda dapat  mengenalkannya pada pasta gigi.

Orang tua butuh  memerhatikan kesehatan gigi dan mulut anak semenjak  gigi kesatu nya muncul, mulai dari menyikat giginya, mengajarinya teknik  menyikat gigi, sampai  mengingatkannya guna  sikat gigi ketika  ia sudah dapat  menyikat gigi sendiri. Dan tidak boleh  lupa, teratur  periksaan gigi anak ke dokter gigi.

Related Posts

Bentar lagi sibuk, kunjungi susahtidur-zzz.blogspot.com untuk mendapatkan berita template terbaru
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    0 Response to "Tips Aman Menyikat Gigi Anak"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel