Showing themes that are Seo, fast loading, light, fresh and professional.

Meski barangkali  jarang terdengar, namun  gangguan bipolar pada anak dapat  terjadi. Kondisi ini urgen  untuk ditangani sedini mungkin, sebab  dapat memengaruhi tumbuh kembangnya. Oleh sebab  itu, ayo  pahami fenomena  gangguan bipolar pada anak dan teknik  menanganinya.

Gangguan bipolar ditandai dengan adanya evolusi  mood yang drastis, pola tidur, serta keterampilan  berpikir. Kelainan ini lebih sering didatangi  pada umur  menjelang dewasa. Namun pada sejumlah  kasus, bipolar pun  dapat hadir  pada anak-anak dan remaja.



Hingga kini, penyebab tentu  timbulnya bipolar pada anak-anak belum diketahui secara pasti. Faktor keturunan dan adanya kelainan pada struktur benak  anak diperkirakan  berperan dalam menambah  risiko timbulnya  bipolar pada anak.

Ciri-Ciri Kelainan Bipolar pada Anak
Secara umum, anak yang menderita gangguan bipolar akan merasakan  dua fase psikologis dalam kesehariannya, yakni  fase manik (riang) dan fase depresif (sedih). Hal ini membuatnya kadang dapat  terlihat paling  gembira, aktif, memiliki tidak sedikit  ide, tetapi  tiba-tiba menjadi paling  sedih, tak mau  beraktivitas, bahkan sampai  mengurung diri.

Anak bipolar yang sedang dalam fase manik bisa  berperilaku sebagai berikut:

Terlihat laksana  lebih berenergi dari biasanya.
Berperilaku agresif dan tidak sabar.
Tidak inginkan  tidur.
Berbicara dengan cepat.
Sulit berkonsentrasi.
Merasa dirinya lebih penting dikomparasikan  orang beda  di sekitarnya.
Sedangkan fase depresif pada anak dengan bipolar bisa  ditandai dengan sejumlah  gejala atau evolusi  perilaku, seperti:

Terlihat lelah, lesu, tidak berenergi, dan kehilangan minat beraktivitas.
Sulit berkonsentrasi pada ketika  belajar yang menyebabkan  turunnya prestasi di sekolah.
Merasa sedih, khawatir, cemas, dan lebih gampang  marah.
Kehilangan nafsu makan.
Muncul kemauan  untuk bunuh diri.
Peralihan antara fase manik dan depresi pada anak bipolar bisa  terjadi dalam satu hari, bahkan berulang-ulang. Di antara kedua fase itu  atau tidak jarang  disebut masa peralihan, Si Kecil dapat  berperilaku normal laksana  biasa.

Jika evolusi  perilaku terjadi dalam masa-masa  yang cepat, beberapa orang  tua barangkali  akan mengiranya sebagai mood swing. Namun, adanya fase ketika  Si Kecil berperilaku normal, yang dilanjutkan dengan perbedaan menyeluruh  antara fase manik dan depresif adalah kunci untuk  Anda sebagai orang tua guna  mengenali bisa jadi  terjadinya gangguan bipolar pada Si Kecil.

Penanganan Gangguan Bipolar pada Anak
Penanganan bipolar pada anak bertujuan untuk meminimalisir  gejalanya dan menstabilkan mood anak. Penanganan tidak hanya dilaksanakan  oleh psikiater, tetapi pun  orang tua, anggota keluarga, serta guru dan orang beda  yang tidak jarang  berinteraksi dengan Si Kecil.

Ada dua cara  penanganan gangguan bipolar pada anak yang dapat  dilakukan, yaitu melewati  obat-obatan dan psikoterapi.

Pemberian obat dilaksanakan  untuk menstabilkan mood anak. Sebagai orang tua, Anda me sti meyakinkan  bahwa Si Kecil meminum obatnya dengan teratur. Sedangkan psikoterapi dilaksanakan  untuk menolong  Anak mengetahui  kondisinya, evolusi  emosi yang bakal  dialaminya, dan mengajarkannya kiat  komunikasi saat  mengalami episode bipolar.

Anak dengan gangguan bipolar memerlukan  penanganan jangka panjang. Kenali gejala mula  yang dapat  dialami oleh anak dengan bipolar dan opsi  penanganan yang dapat  dilakukan, andai  Anda bingung, manfaatkanlah layanan konsultasi psikologi anak yang terdapat  di lokasi  tinggal  sakit. Pengenalan semenjak  dini dan penanganan yang tepat akan menolong  Anak guna  tetap dapat  melakukan kegiatan  seperti anak-anak lainnya.

Related Posts

Bentar lagi sibuk, kunjungi susahtidur-zzz.blogspot.com untuk mendapatkan berita template terbaru
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    0 Response to "Mengenali Gejala Gangguan Bipolar "

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel