Mengapa Wanita

Anggapan bahwa perempuan  adalah makhluk yang lemah bila dikomparasikan  dengan pria, kelihatannya  tidak dapat  dibenarkan, ya. Karena faktanya, kaum hawa dapat  hidup lebih lama daripada kaum adam.

Penting untuk anda  ketahui bahwa angka asa  hidup insan  di dunia ketika  ini ialah  sekitar 71 tahun, dengan wanita diduga  dapat hidup sampai  73 tahun dan pria melulu  68 tahun.



Apa Penyebab Wanita Hidup Lebih Lama Dibandingkan Pria?
Sebenarnya, tingkat asa  hidup seseorang memang sehubungan  erat dengan pola hidup yang diterapkan sehari-hari. Namun, sebuah riset  mengungkapkan bahwa wanita dapat  bertahan hidup lebih lama bila  dikomparasikan  dengan pria. Apa alasannya?

1. Kromosom X yang tahan mutasi genetika
Wanita mempunyai  dua kromosom X (XX), sementara  pria melulu  mempunyai  satu kromosom X (XY). Kromosom ini turut menyokong  kerja sistem imun pada tubuh.

Oleh karena  itu, wanita dirasakan  lebih tahan terhadap kehancuran  (mutasi) kromosom sebab  mempunyai  cadangan kromosom X, sedangkan lelaki  tidak. Di samping  itu, risiko merasakan  infeksi pada kaum perempuan  lebih kecil dibanding pria.

2. Peran hormon estrogen
Pria dan perempuan  memang sama-sama mempunyai  hormon estrogen. Namun pada wanita, kadarnya lebih besar. Hormon estrogen mempunyai  peran urgen  dalam sistem kekebalan tubuh seseorang.

Hormon ini bisa  melancarkan peredaran darah dan mempunyai  sifat antioksidan, sehingga dapat  menurunkan risiko terjadinya pelbagai  penyakit, laksana  stroke, penyakit jantung, dan diabetes.

3. Tingkat kepedulian pada kesehatan
Bila dikomparasikan  dengan pria, perempuan  mempunyai  tingkat kepedulian yang lebih tinggi terhadap kesehatan dirinya sendiri. Hal ini dapat disaksikan  dari gaya hidupnya yang ingin  tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, mencicipi  makanan yang lebih sehat, dan lebih tidak jarang  memeriksakan kesehatannya atas kesadaran sendiri.

4. Perilaku berisiko
Umumnya semua  pria ingin  lebih sering mengerjakan  tindakan agresif yang berisiko dikomparasikan  para wanita. Misalnya saja, tidak jarang  kebut-kebutan di jalan yang dominan    pada perkelahian atau kemalangan  lalu lintas.

5. Kemampuan guna  bersosialisasi
Sudah bukan urusan  yang asing bila perempuan  lebih gampang  menjalin relasi dikomparasikan  dengan pria. Relasi itulah yang menciptakan  para perempuan  memiliki keterampilan  untuk bersosialisasi dengan baik, meski  di lingkungan baru sekalipun.

Lalu apa hubungannya dengan umur  harapan hidup seseorang? Faktanya, orang yang suka bergaul diandalkan   mempunyai  risiko kematian 50% lebih rendah dibanding mereka yang tidak jarang  kali  menyendiri.

Hal ini sejalan dengan perilaku lelaki  dan perempuan  dalam menghadapi stres. Saat beberapa  besar lelaki  lebih suka menyimpan sendiri rasa stres dan khawatir, wanita lazimnya  lebih suka curhat dan berbagi kisah  dengan orang yang dipercayainya. Di samping  menyenangkan, berbagi cerita bareng  kerabat terdekat dapat  meredakan stres, sampai-sampai  kualitas hidup juga  menjadi lebih baik.

Kendati kenyataan  mengungkapkan bahwa perempuan  lebih panjang usia  dibanding pria, bukan berarti semua lelaki  akan berumur lebih pendek dari perempuan  ya. Tidak semua lelaki  sering mengerjakan  hal yang tidak baik pada kesehatannya sendiri, sebab  ada pun  pria yang paling  perhatian dengan situasi  kesehatannya.

Di samping  itu, pernikahan juga dirasakan  mempunyai  efek positif pada kesehatan pria.

Pria yang sudah  menikah dapat  berumur panjang sebab  ada pasangan yang tidak jarang  kali  sedia menemani, menyemangati, serta membuatnya bahagia.

Agar anda  dan pasangan bisa tahan lama  muda dan panjang umur, urgen  untuk merealisasikan  pola hidup sehat. Ajaklah pasangan guna  rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, tidak merokok, serta rutin mengerjakan  pemeriksaan kesehatan setiap sejumlah  bulan sekali ke dokter.
0 Comments